LAUNDRY HEMAT UNTUK SISWA TELKOM UNIVERSITY

KEYNARA LAUNDRY 

Pengaruh Promosi Digital Terhadap Keberhasilan Usaha Keynara Laundry 


Pendahuluan 

Promosi merupakan strategi yang digunakan untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual. Faktor penting dalam membangun sebuah perusahaan adalah melakukan promosi secara luas dan dapat dijangkau oleh mahasiswa Telkom University. Promosi yang dilakukan di era modern saat ini yaitu memanfaatkan penggunaan media sosial, website dan e-commerce. Promosi digital memudahkan pengusaha untuk menganalisis kebutuhan konsumen selain itu konsumen juga mendapatkan informasi produk dan jasa hanya dengan mencari melalui internet.

Peluang usaha laundry merupakan peluang yang cukup besar dan dapat dikembangkan, apalagi sebuah usaha laundry tersebut dapat dijangkau dan terletak di wilayah kampus telkom. Laundry merupakan salah satu jasa yang memberikan kemudahan bagi pelanggannya dalam mencuci pakaian, sepatu dan lain - lain.

KEYNARA LAUNDRY



Keynara laundry merupakan sebuah UMKM layanan pencucian yang dilakukan untuk membersihkan pakaian, sepatu, bedcover dan lain sebaginya. Keynara Laundry terletak di Jalan Sukapura No.28 Rt.02 Rw.02 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Jawa Barat. Keynara dibangun oleh bapak Dayat yang sudah membangun usahanya selama (xxxx tahun), akan tetapi pak Dayat belum menguasai teknik promosi secara digital dan masih meggunakan metode langsung dengan membagikan brosur laundry. Selain memberikan jasa laundry, keynara menawarkan produk pembersih pakaian, pewangi pakaian dan gel laundry. Selama pandemi covid-19 omset keynara laundry turun drastis karena mahasiswa universitas Telkom yang diharuskan untuk belajar daring dan pak Dayat harus mencari inovasi lain untuk bertahan hidup. Biasanya jasa laundry lain membuka ruko dan pelanggan datang ke ruko secara langsung untuk dihitung berat pakaian yang akan di laundry, akan tetapi berbeda dengan pak Dayat sang pemilik Keynara Laundry yang memberikan jasa antar jemput pakaian laundry ke alamat konsumen. Pak Dayat menyatakan bahwa selama ini usahanya hanya berkembang melalui promosi mulut ke mulut dan masih kalah saing dengan usaha laundry yang berada di ruko wilayah Telkom. 

Maka dari itu kami ingin mengembangkan usaha Keynara Laundry agar dapat dijangkau lebih besar oleh masyarakat dan mahasiswa di wilayah sukapura, sukabirus, dayeuhkolot dan wilayah telkom university lainnya. Dengan dibuatnya artikel dan website ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan laundry, produk cucian yang dapat diantar langsung oleh Pak Dayat sehingga dapat menumbuh kembangkan UMKM Laundri Keynara dan UMKM ini dapat bersaing dengan kompetitor.

Comments

  1. promosi memang sangat diperlukan dibidang usaha maupun hal lain. dan langkah yang di ambil dengan promosi melalui web, sosmed dll merupakan sebuah inovasi yang wajib di zaman modern ini. semoga Dengan hal ini Pak Dayat mampu menarik lebih banyak pelanggan atau konsumen.. semangat Pak Dayat..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts